Cara Mengatasi Crash Pada Game PC

Tips Jitu Mengatasi Game Crash di PC Kesayangan

Siapa yang nggak pernah kesel kalau lagi asik-asik main game terus tiba-tiba nge-crash? Bikin mood langsung ancur kan? Nah, biar nggak jadi budak mood, yuk kita bahas beberapa cara efektif ngatasi game crash di PC.

1. Update Driver Kartu Grafis

Sering kali, game crash disebabkan oleh driver kartu grafis usang. Jadi, langkah pertama yang wajib lo lakukan adalah update driver ke versi terbaru. Caranya gampang kok:

  • Buka Device Manager lewat pencarian Windows.
  • Klik "Display adapters".
  • Klik kanan pada kartu grafis, lalu pilih "Update driver".

2. Verifikasi Integritas File Game

Ada kalanya file game rusak atau hilang, yang bisa bikin crash. Untuk mengatasi ini, kita bisa verifikasi integritas file game lewat Steam atau platform lainnya. Caranya:

  • Buka platform game (misal Steam).
  • Klik kanan pada game yang crash.
  • Pilih "Properties" -> "Local Files" -> "Verify integrity of game files".

3. Hapus Cache Game

Cache game bisa menumpuk seiring waktu dan menyebabkan crash. Cobain hapus cache game untuk memperbaikinya. Caranya:

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik "%appdata%" dan tekan Enter.
  • Cari folder game yang crash.
  • Hapus folder "cache".

4. Turunkan Grafis Game

Pengaturan grafis yang tinggi bisa bikin game berat dan crash. Coba turunkan kualitas grafis untuk mengurangi beban sistem. Di menu pengaturan game, lo bisa ubah resolusi, kualitas tekstur, dan efek.

5. Tutup Program Berjalan

Program yang berjalan di latar belakang bisa mengganggu game. Tutup semua kecuali program penting. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager dan lihat program yang berjalan.

6. Reinstall Game

Kalau semua cara di atas nggak berhasil, terpaksa deh lo harus reinstall game. Biasanya ini ngebantu ngatasin crash yang disebabkan oleh file game yang rusak.

7. Periksa Suhu Komponen PC

Crash game juga bisa disebabkan oleh suhu komponen PC yang berlebihan. Check suhu kartu grafis dan CPU pakai software pemantau. Kalau terlalu tinggi, coba bersihkan debu atau upgrade sistem pendinginan.

8. Overclocking

Overclocking komponen PC bisa bikin performa game meningkat, tapi juga bisa bikin crash kalau nggak dilakukan dengan benar. Coba disable overclocking untuk sementara dan lihat apakah crash berhenti.

9. Reset PC

Kalau semua cara di atas gagal, coba reset PC lo. Ini bakal menghapus semua data, jadi pastikan untuk backup dulu data penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *