Cara Mengatasi Crash Pada Game PC

Cara Ampuh Mengatasi Crash pada Game PC dan Kembali Beraksi

Menjumpai game PC yang tiba-tiba crash alias tutup sendiri memang bikin sebel, apalagi kalau kita lagi asyik-asyiknya main. Tenang, ada beberapa tips mujarab yang bisa kamu coba buat mengatasi masalah menjengkelkan ini.

1. Update Driver Grafis

Driver grafis yang ketinggalan zaman bisa jadi penyebab utama crash pada game. Makanya, rajin-rajinlah update driver tersebut lewat situs resmi produsen kartu grafis kamu (NVIDIA atau AMD).

2. Periksa Integritas File Game

File game yang rusak atau hilang juga bisa bikin game crash. Coba gunakan fitur pengecekan integritas file pada platform game yang kamu gunakan (misalnya Steam atau Epic Games). Opsi ini bakal memindai file game dan memperbaiki yang rusak.

3. Matikan Antivirus dan Firewall Sementara

Kadang-kadang, antivirus atau firewall komputer bisa berulah dan memblokir file atau proses game, sehingga menyebabkan crash. Coba matikan sementara antivirus dan firewall saat bermain game buat ngetes apakah masalahnya hilang.

4. Bersihkan Temp File

File-file sementara yang menumpuk bisa memperlambat sistem komputer dan bikin game crash. Bersihkan file-file ini secara berkala menggunakan fitur pembersihan disk (Disk Cleanup) bawaan Windows.

5. Atur Prioritas Game di Task Manager

Pastikan game yang kamu mainkan punya prioritas tinggi dalam penggunaan sumber daya komputer. Buka Task Manager, cari proses game-nya, klik kanan, dan pilih "Set Priority" > "High".

6. Verifikasi OS dan Game Bersih dari Malware

Malware bisa mengacaukan sistem komputer dan game. Pastikan sistem operasi dan game kamu bersih dari malware dengan menjalankan pemindaian antivirus.

7. Tingkatkan Virtual Memory

Virtual memory adalah ruang pada hard disk yang digunakan sebagai tambahan RAM. Menambah virtual memory bisa membantu mengurangi crash pada game dengan kebutuhan memori tinggi.

8. Reinstall DirectX

DirectX adalah seperangkat komponen penting untuk menjalankan game di Windows. Coba reinstall DirectX buat ngatasi crash yang disebabkan oleh masalah pada komponen ini.

9. Reinstall Game

Jika semua tips di atas belum berhasil, mungkin kamu perlu reinstall game. Sebelum reinstall, pastikan kamu sudah menyimpan progres game.

Tips Tambahan: Turunkan Pengaturan Grafis

Kalau spesifikasi komputer kamu agak pas-pasan, coba turunkan pengaturan grafis game ke level yang lebih rendah. Ini bisa mengurangi beban pada kartu grafis dan berpotensi mengatasi crash.

Nah, sekarang kamu sudah punya gudang amunisi untuk mengatasi crash pada game PC. Semoga kamu bisa kembali bermain lancar dan tanpa gangguan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *