Cara Mengatasi Lag Pada Game PC

Cara Ampuh Mengatasi Lag di Game PC yang Bikin Jengkel

Lag pada game PC bisa jadi mimpi buruk bagi para gamers. Nge-freeze yang tiba-tiba atau pergerakan karakter yang tersendat-sendat bikin mood main game langsung menguap. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

1. Periksa Koneksi Internet

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet kamu. Kalau koneksi lagi buruk, pasti bakal ngelag parah. Coba cek kecepatan internet kamu menggunakan layanan seperti Speedtest. Kalau ping-nya tinggi atau download speed-nya rendah, berarti jaringan kamu lagi bermasalah.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa memakan banyak bandwidth internet kamu. Tutup saja aplikasi yang tidak kamu gunakan saat bermain game, seperti browser, email, atau aplikasi media sosial. Ini akan membebaskan bandwidth untuk game kamu.

3. Update Driver Kartu Grafis

Driver kartu grafis yang ketinggalan zaman bisa menyebabkan lag pada game. Pastikan kamu selalu update driver kartu grafis ke versi terbaru. Kamu bisa mengunduhnya dari situs resmi produsen kartu grafis kamu.

4. Hapus File Sementara

File sementara yang menumpuk di komputer kamu bisa memperlambat performa game. Hapus file-file ini secara berkala menggunakan Disk Cleanup atau aplikasi pembersih sistem lainnya. Ini akan membuat ruang hard disk lebih lega dan mempercepat kinerja game.

5. Atur Prioritas Proses

Windows biasanya memprioritaskan proses sistem di atas proses aplikasi lain. Ini bisa menyebabkan game jadi tersendat karena tidak mendapatkan prioritas yang cukup. Kamu bisa mengatur prioritas proses game ke "Tinggi" di Task Manager.

6. Matikan Overlay Game

Overlay game dari aplikasi seperti Steam atau GeForce Experience bisa memakan sumber daya sistem dan menyebabkan lag. Matikan overlay ini saat bermain game untuk meminimalkan lag.

7. Beralih ke DNS yang Lebih Cepat

DNS (Domain Name System) menerjemahkan alamat web menjadi alamat IP. DNS yang lambat bisa menyebabkan lag pada game online. Cobalah beralih ke DNS pihak ketiga yang lebih cepat, seperti Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau Cloudflare DNS (1.1.1.1 dan 1.0.0.1).

8. Tingkatkan RAM

RAM (Random Access Memory) memainkan peran penting dalam menjalankan game. Jika RAM kamu terbatas, game bisa mengalami lag karena kesulitan memuat aset dengan cepat. Coba tambahkan RAM ke komputer kamu untuk meningkatkan performa game.

9. Overclock Kartu Grafis dan CPU

Overclocking kartu grafis dan CPU bisa meningkatkan performa game, tapi ini juga berisiko membuat perangkat kamu jadi tidak stabil. Jika kamu ingin mencoba overclocking, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati dan mengikuti panduan yang tepat.

10. Atur Grafis Game ke Setelan Rendah

Jika semua cara di atas masih belum mengatasi lag, coba atur setelan grafis game ke yang lebih rendah. Ini akan mengurangi beban pada komputer kamu dan membuat game berjalan lebih lancar.

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengatasi lag pada game PC. Selamat mencoba dan semoga lag tidak lagi menghantui pengalaman gaming kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *