Cara Mengoptimalkan Performa Game Tablet

Cara Mengoptimalkan Performa Game Tablet Biar Makin Lancar

Hai, pecinta game! Siapa sih yang nggak suka main game di tablet? Ukurannya yang pas dan portable bikin tablet jadi pilihan yang oke banget buat main game kapan pun dan di mana pun. Namun, terkadang performa game di tablet kita nggak selalu memuaskan, bahkan bikin frustrasi. Nah, jangan khawatir, ada beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan performa game tablet kita biar makin lancar kayak air.

1. Matikan Aplikasi dan Notifikasi yang Tidak Diperlukan

Saat main game, tablet kita harus fokus memproses game tersebut. Artinya, semua aplikasi dan notifikasi lain yang nggak penting harus dimatikan dulu. Ini bisa membebaskan sumber daya sistem, seperti RAM dan CPU, yang sangat dibutuhkan game untuk berjalan dengan lancar.

Cara mematikan aplikasi bisa dengan menutup langsung dari daftar aplikasi yang terbuka (biasanya ditekan tombol Recent). Sedangkan untuk notifikasi, bisa dimatikan di bagian pengaturan notifikasi di setelan tablet.

2. Atur Pengaturan Grafik Game

Sebagian besar game mobile punya pengaturan grafik yang bisa diubah-ubah. Nah, untuk tablet dengan spesifikasi yang pas-pasan, disarankan untuk mengatur pengaturan grafik ke level yang lebih rendah. Ini bakal mengurangi beban kerja sistem, sehingga game bisa berjalan lebih lancar.

Pengaturan grafik yang perlu diperhatikan biasanya meliputi resolusi, detail tekstur, efek pencahayaan, dan FPS (frame rate). Sesuaikan saja ke level yang sesuai dengan kemampuan tablet mu.

3. Bersihkan Cache dan Sampah

Seiring berjalannya waktu, tablet kita bakal menumpuk banyak cache dan sampah yang bisa memperlambat kinerja secara keseluruhan, termasuk performa game. Makanya, bersihkan cache dan sampah secara rutin bisa sangat membantu.

Ada beberapa cara untuk membersihkan cache dan sampah, di antaranya:

  • Gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CCleaner.
  • Masuk ke pengaturan penyimpanan dan hapus cache di aplikasi yang banyak digunakan.
  • Restart tablet secara berkala.

4. Pastikan Tablet dalam Kondisi Dingin

Ketika kita main game terus-menerus, tablet bisa menjadi panas. Nah, panas yang berlebihan bisa memperlambat kinerja sistem. Jadi, pastikan tablet mu dalam kondisi dingin saat main game.

Ada beberapa cara untuk menjaga tablet tetap dingin, di antaranya:

  • Jangan main game di tempat yang panas.
  • Letakkan tablet di atas permukaan yang dingin atau gunakan kipas pendingin.
  • Istirahatkan tablet sejenak setelah pemakaian yang lama.

5. Aktifkan Mode Game

Beberapa tablet punya fitur mode game yang bisa mengoptimalkan kinerja game. Fitur ini biasanya mengatur pengaturan sistem dan aplikasi lain agar fokus ke game yang sedang dimainkan.

Cara mengaktifkan mode game biasanya berbeda-beda tergantung merk dan tipe tablet mu. Kamu bisa mencari pengaturan ini di bagian pengaturan game atau di aplikasi khusus yang disediakan oleh produsen tablet.

6. Pastikan Game Baru Terupdate

Developer game biasanya merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan mengoptimalkan performa game. Jadi, pastikan game yang kita mainkan selalu terupdate ke versi terbaru.

Pembaruan game biasanya bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.

7. Reinstall Game

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tapi performa game masih belum memuaskan, cara terakhir yang bisa dicoba adalah menginstal ulang game tersebut. Ini bisa menghapus file-file yang rusak atau salah dan memperbarui instalasi game.

Sebelum menginstal ulang game, pastikan sudah membuat cadangan data game yang penting.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan performa game tablet biar makin lancar. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kita bisa menikmati pengalaman gaming yang lebih maksimal dan nggak bikin frustrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *